Pages

Yuk Makan dengan Tangan

Mungkin sebagian besar saat pertama kali belajar makan, kita makan menggunakan tangan. Namun seiring berkembangnya usia, kita mulai diperkenalkan dengan alat-alat bantu makan. Sampai saat ini mungkin sudah menjadi kebiasaan makan dengan menggunakan alat  makan. Dan akan terlihat aneh dan terkesan jorok saat melihat seseorang makan menggunakan tangan secara langsung.

Saat ini, banyak sekali alat bantu makan di sekitar kita seperti sendok, sumpit dan bahkan pisau. Alat bantu makan di percaya memiliki kebersihan yang terjaga dan juga sekaligus menunjukan status sosial kita di masyarakat. Akan tetapi tahukan anda, bahwa makan secara langsung dengan tangan memiliki setidak nya tiga kelebihan/ manfaat yang mungkin tidak akan didapatkan jika kita makan menggunakan alat bantu. Penasaran dengan manfaatnya, yuk kita lihat bersama-sama.


Ternyata dibagian tertentu dari tubuh kita mengandung jenis bakteri tertentu yang dapat melindungi tubuh dari bakteri berbahaya yang berasal dari luar tubuh. Bakteri ini terletak di tangan, mulut tenggorokan, usus, dan sistem pencernaan. Jadi ketika kita makan dengan tangan, bakteri baik yang terkandung di tangan kita akan menetralisir bakteri jahat yang berada pada makanan. Tapi ingat, cuci tangan sebelum dan sesudah makan harus tetap dilakukan ya.

Ujung-ujung saraf di jari kita dapat merasakan suhu dan tekstur makanan, sehingga informasi yang dikirimkan dari saraf-saraf tersebut dapat membantu mempersiapkan otak untuk menerima makanan yang akan masuk. Proses ini membuat otak akan melepaskan enzim yang tepat untuk menerima makanan. Tentunya sendok tidak memiliki hal ini bukan ?

Saat kita makan dengan tangan, kita benar-benar memperhatikan makanan apa yang kita makan. Kita pun akan menikmatinya dengan seksama, dan pola makan seperti inilah yang dapat menghindarkan kita dari kenaikan berat badan yang signifikan.

Itulah beberapa manfaat yang akan kita dapatkan jika kita makan menggunakan tangan. Sungguh luar biasa bukan ? jadi masihkah kita berfikir makan dengan sendok masih lebih baik dari pada makan dengan tangan? Masihkah kita kira tangan kita sekotor yang kita bayangkan? Dan sudah siapkah kita bermigrasi ke tekhnologi ciptaan Tuhan yang maha sempurna ?

Dan terakhir…. Selamat makan… 
Author : Sentot