Pages

Luar negeri, Pilihan destinasi backpacker. Mengapa ?

Backpacker, istilah ini adalah sebutan bagi mereka yang berjalan jalan atau berwisata dengan budget lowcaste. Bukan sesuatu yang tabu lagi di semua negara di dunia. Bahkan terkadang ada saja mereka yang lebih memilih untuk backpacker walaupun mereka mampu membiayai travelingnya dengan budget highcaste. Alasannya karena backpacker lebih memberikan kepuasan. Bicara tentang backpacker, saya sendiri adalah seorang yang sangat tertarik dengan kegiatan ini. Dan sebagai destinasinya saya memilih untuk backpacker keluar negri. Mengapa? Kenapa tidak di Indonesia ? Indonesia juga tidak kalah indahnya dibandingkan luar negri ? pertanyaan dan pernyataan tersebut sering saya dengar dari orang sekitar. Dan banyak orang juga yang menyampaikan hal tersebut.


Tidak di pungkiri lagi bahwa Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia, dan Indonesia menjadi salah satu Negara bagian asia yang memiliki keindahan alam serta budaya yang beragam. Tapi ada alasan kuat bagi saya untuk lebih memilih backpacker keluar negri, bukan karna ingin “gaya gayan” tapi salah satu pertimbangannya adalah budget. Mengapa ? setelah beberapa kali mencari informasi tentang backpacker dan budget backpacker di Indonesia, ternyata untuk backpacker kebebrapa tempat/pulau di Indonesia cukup menguras isi dompet. Terutama wilayah Indonesia bagian timur. Sementara domisili saya berada di pulau Jawa. Tentunya akan membutuhkan banyak biaya untuk bisa kesana. Dan yang paling besar budget nya adalah biaya transportasi dan akomodasi. Jika dibandingkan dengan backpacker keluar negri (masih seputar benua Asia) budget yang dikeluarkan hampir setara. Maka dari itu, saya lebih memilih untuk backpacker keluar negri.

Tidak hanya budget yang paling berpengaruh dan menjadi bahan pertimbangan, alasan lain menurut saya karena backpacker bukan hanya menikmati keindahan alam, liburan, jalan jalan ataupun bersenang senang. Tapi lebih dari sekedar itu, bagi saya backpacker adalah petualangan. Petualangan yang membawa ilmu, inspirasi dan pengalaman baru. Petualangan untuk menjelajah suatu wilayah dan mengenalnya lebih dalam lagi. Mengenal suatu Negara di belahan dunia dengan mempelajari budayanya, mencoba beradaptasi dengan keadaan dan kondisinya serta menggali informasi yang bisa membawa perubahan untuk diri sendiri dan menginspirasi banyak orang. jadi, ketika perjalanan backpacker selesai, yang bisa saya bawa pulang bukan hanya kesenangan serta pengalaman menikmati perjalanan, tapi ilmu budaya yang saya pelajari selama backpacker bisa saya aplikasikan dalam keseharian. Bagi saya backpacker itu tidak melulu soal tempat wisata.

Akhir kata “Dan backpacker saya adalah menuntut ilmu”.
Author : Rahmalia

No comments:

Post a Comment