Pages

Bekal Ramadhan

Ya Alloh berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan” (HR. Ahmad & At-Tabrani)

Bulan ramadhan akan segera tiba, bulan yang penuh dengan keberkahan yang dimana Al-Quran diturunkan serta didalamnya terdapat malam lailatul Qadr. Sungguh disayangkan jika kita tidak pernah bersiap diri akan datangnya bulan maghfirah ini, karena nya bersyukur dan bergembiralah saat Alloh masih memberikan kita rizki umur untuk bisa menyambut bulan Ramadhan.

Menyambut bulan Ramadhan dengan penuh kesiapan dan kematangan diri merupakan pokok penting untuk dilakukan, karena kita tidak akan pernah tahu apakah masih bisa berkesempatan untuk berjumpa kembali apa tidak, banyak sekali keberkahan yang Alloh berikan di bulan ini, jangan sampai kita meyiakan dan melewati begitu saja reguklah berbagai manfaat dan keberkahanNya dibulan yang suci ini.

Persiapkanlah diri untuk menyambut bulan ramadhan sehingga kita bisa mendapat banyak kebaikan dan keberkahan yang maksimal dengan menjadi manusia yan bertakwa dan bernilai dihadapan Alloh, sambutlah dengan penuh keihlasan rasa syukur serta suka cita. Berikut beberapa bekal yang harus dipersiapkan untuk menyambut bulan ramadhan antara lain :

  1. Ruhiyah : niatkan kepada diri sendiri bahwa kita semata-mata beribadah hanya karena Alloh, hanya untuk mendapat keRidhoanNya, curilah perhatian Alloh melalui cara kita berniat untuk melakukan ibadah. Bertaubatlah kepada Alloh, mohon ampunan dan rahmatNya karena Kelalaian dan dosa seperti sisi yang tidak pernah terpisahkan dari diri seorang insan, maka bertaubatlah, lalu perbanyaklah berdzikir dan mengingat Alloh, bekali ruhiyah kita dengan tadarus, qiyamullail, salat fardhu berjamaah di mesjid beserta amalan ibadah yang lain, maka pupuklah keimanan untuk menyambut bulan ramadhan.
  2. Jasadiyah : fisik yang sehat merupakan modal dasar untuk memasuki bulan ramadhan agar kita bisa secara optimal mengerjakan ibadah di bulan Ramadhan dengan olahraga secara teratur di bulan rajab dan sya’ban agar menjadi pribadi yang lebih sehat, tidak lupa untuk berlatih berpuasa serta memakan makanan yang bergizi beserta pola makan sehat dan teratur.
  3. Maliyah : persiapan harta tak lupa harus kita siapkan, harta ini bukan untuk digunakan berfoya-foya tapi kita dermakan, sedekahkan.. jadilah bulan rajab dan sya’ban sebagai latihan bersedakah untuk memasuki bulan Ramadhan, pahala bersedekah saat bulan Ramadhan berlipat ganda dibanding bulan-bulan yang biasa.
  4. Fikriyah : persiapkan diri dengan ilmu merupakan bekal ke empat, bekali diri dengan wawasan yang benar, ikutilah ajaran rasulullah dan sunatullah nya, berilmu yang benar tentang ramadhan, hadirilah majelis-majelis ilmu agar pengetahuan kita bertambah guna bekal diri menjadi lebih baik, karena amal tanpa ilmu akan menjadikan kerusakan.

Ke empat bekal di atas semoga kita bisa persiapkan dengan sebaik-baiknya, mari kita persiapkan amal shalih dikedua bulan ini : Rajab dan Sya’ban, sebagai modal awal untuk menjalani bulan Ramadhan yang penuh akan keberkahan. Aamiin..

Wallohu’alam bisawwab.

Sumber : Muslim.or.id
Author : Yunar Ratnawati