Pages

Menampilkan Atau Menyembunyikan File/Folder

Tidak hanya dalam makhluk hidup seperti manusia, hewan, atau tumbuhan saja, ternyata di dalam komputer pun tidak terbebas dari yang namanya virus yang bisa merusak sistem komputer dan bahkan bisa sampai merusak komponen komputer itu sendiri. Disini kita coba bahas tentang bagaimana gejala komputer yang terkena virus, dan tips untuk melihat file yang disembunyikan oleh virus.

Pada saat komputer terkena virus, salah satu gejalanya adalah menghilangnya beberapa file-file tertentu dan icon yang muncul biasanya berupa shortcut (terdapat tanda panah cibagian kiri bawah pada icon), menjadikan file-file itu seakan-akan adalah file sistem, tapi sebenarnya bukan.

Sebenarnya file-file yang hilang tersebut tidak benar-benar hilang dari komputer, atau dengan kata lain file-file tersebut disembunyikan agar tidak tampak pada "windows explorer".

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk bisa melihat file-file yang disembunyikan oleh virus, adalah sebagai berikut :
1. Buka "windows explorer"
2. Dibagian kiri atas ada tombol "organize", lalu pilih "folder and search option"



3. Pilih tab "view", pilih "show hidden files, folders, and drives" dan uncheck "hide protected operating system files"



4. Klik ok

Sebagai catatan, tutorial diatas berlaku untuk komputer yang memakai sistem operasi windows 7, untuk windows 8 kurang lebih sama tahapannya seperti yang dicontohkan diatas. Jika komputer yang dipakai adalah komputer yang memakai selain windows 7 atau windows 8, seperti windows xp atau windows vista tahapan untuk memunculkan “Folder option”nya berbeda. Mungkin akan kita bahas pada postingan berikutnya. 

Jika kita ingin menyembunyikan kembali file atau folder, tahapan yang dilakukan adalah sama seperti langkah-langkah diatas. 
Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Author : Hamdani