Pages

Being a teacher

Ketika masa sekolahku dulu, seringkali terlintas dalam pikiranku tentang peran guru. Dalam pikiranku, peran seorang guru itu hanya mengajarkan seseorang tentang ilmu pelajaran. Tapi ada beberapa hal yang membuatku ingin lebih mngetahui lagi apa itu peran guru. Semakin aku lebih mengenal, aku semakin tau bahkan mungkin aku sudah mulai memahami arti dan peranan guru.

Guru itu bukan hanya sekedar mengajarkan sesuatu hal, bukan juga sekedar profesi saja. Ada beberapa peranan yang semestinya dimiliki seorang guru. Hal pertama, guru berperan sebagai penyampai informasi pada siswa. Dimana informasi yang di sampaikan oleh guru adalah informasi yang telah di baca dan dipahami sebelumnya sehingga siswa mengetahui informasi tersebut dan memahami informasi yang disampaikan dan nantinya menjadi pengetahuan bagi siswa.


Peranan guru yang kedua buatku adalah mampu membimbing siswanya. Membimbing dalam memberikan pengajaran pada siswa dan mengarahkan siswa untuk bisa mengaplikasikan dengan baik dan benar informasi yang telah disampaikan sebelumnya. Ada beberapa contoh kegiatan peran seorang guru dalam membimbing siswa seperti misalnya guru membantu siswa untuk memutuskan tujuan informasi, atau dengan cara melakukan mengarahkan bagaimana memilah informasi dan menggunakannya.

Membangun hubungan yang baik antara guru dan siswa merupakan peran guru yang ketiga. Dalam hal ini, guru setidaknya harus bisa mengesampingkan perasaan rasa “suka” atau “tidak suka” pada beberapa siswa, kemarahan, kekecewaan akan hasil, ketakutan dan rasa tidak percaya diri. Karena ketika perasaan seperti itu menjadi dominan. Maka akan sulit untuk melakukan peran pertama dan kedua. Menjadi guru memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti Suatu hal yang tidak bisa dilakukan oleh setiap orang. Setiap orang memiliki potensi dalam dirinya untuk menjadi guru. Sebagai contoh sederhana, ketika kita mampu mengajarkan hal yang bermanfaat pada orang lain dan bisa memberikan efek yang  baik pada orang tersebut, bagiku itulah yang disebut seorang guru.

Menjadi guru buatku adalah salah satu caraku untuk Menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Juga sebagai amalan jariyah untukku. Dan ada kepuasan tersendiri ketika aku mampu untuk membagi dan mengamalkan apa yang sudah dan telah kupelajari.

Author : Rahmalia