Pages

Dua Keberkahan

Sahabat, pasti diantara kalian sudah tidak asing lagi mendengar kata berkah. Salah satu kata yang ada dalam ucapan salam. Dan kata ini pula ada dalam ijab Kabul pernikahan. Lantas apa itu berkah ? 

Para Malaikat berkata, “Mengapa kamu merasa heran dengan ketetapan Allah ? itu adalah rahmat dan berkah Allah yang dicurahkan kepadamu. Hai penghuni rumah! Sesungguhnya Allah maha Terpuji dan Maha pengasih” QS. Hud : 73

Sahabat, keberkahan itu sesungguhnya ketetapan atau kebaikan dari Allah yang diberikan kepada hamba yang dikehendaki-Nya. Keberkahan atau kebaikan dari Allah yang pada intinya adalah agar menambah ketaatan kepada-Nya. Berbeda dengan kebaikan yang diberikan oleh manusia, terkadang kebaikan manusia bisa menjerumuskan kita pada hal-hal yang membuat kita menjauh dari Allah.

Setiap dari kita, pastilah berharap keberkahan dari Allah. Untuk meraih keberkahan tentunya kita harus menjadi orang yang termasuk ke dalam orang-orang yang diberkahi oleh Allah. orang yang diberkahi oleh allah adalah orang yang istiqomah dijalan Allah, istiqomah dalam menjalankan perintah-Nya dan menjauhi Larangan-Nya. Sehingga bertambah keimanan dan ketaqwaannya sebagaimana yang dikemukakan dalam Al Qur'an surat Al araf  : 96.

Seandainya penduduk bumi beriman dan bertaqwa. Kami akan limpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi. Namun mereka mendustakan ayat ayat kami. Maka kami siksa sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.

Sahabat, sungguh luar biasa perkara orang yang beriman. Bahkan dalam kutipan ayat diatas, Allah menjanjikan 2 keberkahan bagi hamba-Nya yang beriman dan bertaqwa. Yaa, ada dua keberkahan yatu Keberkahan dari langit dan bumi. Jadi apa itu keberkahan dari Langit ? dan keberkahan dari bumi ?

Keberkahan dari langit adalah kebaikan dari Allah yang berupa Takdir yang baik dan Nasib yang baik. Sebagai contoh : ketika kita ditakdirkan menghadap maut dalam keadaan yang baik. Itu artinya Allah memberikan keberkahan selama kita hidup. Sehingga pada saat menghadapi mautpun Allah curahkan kebaikan pada kita.

Keberkahan dari Bumi adalah kebaikan dari Allah yang berupa Hasil bumi yang baik. Sebagai contoh : hasil panen yang baik yang bisa bermanfaat untuk banyak orang. Seperti halnya Indonesia yang Allah berikan keberkahan dari bumi. Yaitu potensi alam yang subur dan memiliki hasil bumi yang melimpah.

Dua keberkahan tersebut sesungguhnya Menjadi kunci kebahagiaan dunia dan akhirat. Sahabat semoga kita semua termasuk kedalam orang-orang yang senantiasa diberi keberkahan oleh Allah. Amiiinn…. Allahumma Aamiin.

Author : Rahmalia