Pages

Situ CIsanti : Kilometer 0 Citarum, Ketenangan Alam Yang diberkahi

Panorama alam bandung sudah sangat familiar dikalangan masyarakat Indonesia. Udaranya yang sejuk, penduduknya yang ramah dan menjadi tujuan wisata belanjabagi para wisatawan, tak ketinggalan berbagai kuliner khasnya pun menjadi daya tarik tersendiri. Lengkap sudah kota kembang ini. bandung memiliki wisata alam yang beragam, salah satunya danau atau dalam bahasa sunda disebut juga “Situ”. Jika mendengar “Situ” atau danau yang ada di bandung, yang paling popular adalah Situ patenggang atau Situ cileunca. Sedikit berbagi cerita, ada danau di kota bandung lebih tepatnya di kabupaten bandung yang masih belum banyak dikenal masyarakat dan wisatawan, namanya Situ cisanti.


Situ Cisanti merupakan hulu sungai Citarum, belum banyak fasilitas outbond atau sewa perkemahan disana. Lokasinya yang jauh dari keramaian membuat keasrian alamnya sangat terjaga. Situ Cisanti ini termasuk kedalam area perhutani. Tapi jangan bayangkan perhutani di sana seperti hutan pada umumnya.  Hampir sebagian wilayah di situ cisanti ini sudah dipenuhi perkebunan teh. Hanya di pegunungan atasnya saja yang masih rimbun dipenuhi dengan pohon pinus. 

Untuk bisa sampai ke situ cisanti tidak terlalu sulit, lokasinya terletak di desa Taruma jaya kecamatan Kertasari kabupaten Bandung, tepatnya di kaki gunung Wayang windu. Jika menggunakan kendaraan pribadi, perjalananan dari pusat kota bandung menuju situ Cisanti kurang lebih 2-3 jam. Di sepanjang perjalanan disuguhi hamparan luas perkebunan teh yang sangat indah. Lukisan alam yang nyata. Udaranya sejuk dan tidak sedingin di Lembang. Jadi tak perlu hawatir kedinginan. Udaranya cukup hangat ketika muncul sorotan cahaya matahari di siang hari. Tiket masuk ke situ Cisanti hanya 10.000 saja. Area parkirnya pun cukup luas, sebelum memasuki kawasan situ, tepat di sekitar area parker dikelilingi pohon pinus. Terdapat 2 mushola yang cukup nyaman, juga ada toilet ,beberapa warung dan pedagang. Meskipun pada hari libur suasana di situ Cisanti tidak terlalu ramai seperti situ lainnya yang ada di bandung. Mungkin kebanyakan hanya warga local yang berkunjung ke situ Cisanti. 

Pemandangan yang hijau serta air danau yang tenang langsung terlihat ketika memasuki situ Cisanti. Sungguh pemandangan alam yang luar biasa. Tidak ada polusi, sesekali terdengar suara burung berkicau. Suasananya begitu tenang, mungkin karna tidak terlalu banyak orang. Terlihat ada beberapa bapak bapak yang sedang asik memancing. Ada juga pengunjung yang hanya menikmati pemandangan sekitar. 

Mengunjungi situ cisanti ,bisa Menjadi alternative wisata hemat, atau bisa jadi pilihan untuk tempat berkemah. Karena hamparan rerumputan disekitar danau yang cukup luas serta keadaan alam sekitar yang masih asri dan jauh dari keramaian. Sangat cocok untuk piknik dengan keluarga atau menghabiskan waktu luang untuk berkemah disana. 

Jadi,tak perlu mahal untuk bisa menikmati keindahan alam yang masih asri dan juga merasakan ketenangan alam yang diberkahi. Situ Cisanti pesona alam bandung yang tersembunyi. Memberikan ketenangan alam dan keindahan lukisan alamnya yang tidak bisa disembunyikan.

Author : Rahmalia

No comments:

Post a Comment