Pages

Cara Install Linux Fedora 9

Virus computer memang sangat mengganggu para pengguna komputer, merusak perangkat lunak computer apalagi sampai merusak perangkat keras dengan cara membuat program yang memaksa over process keperangkat tertentu misalnya VGA, Memory bahkan Procesor (terutama pada system operasi Windows). 

Bagi para pengguna yang telah bosan dengan virus  penyerang system computer, disini saya memperkenalkan system operasi Linux Fedora 9, yang terkenal dengan tangguhnya terhadap virus-virus computer.  Berikut kelebihan system operasi ini :

  1. Sangat tangguh bahkan menghadapi virus sekalipun. 
  2. Linux itu ringan, maka linux lebih cepat dibanding system operasi yang lain.
  3. Sangat ideal untuk dijadikan server dalam jaringan computer
  4. Sistem yang Open Source dan Gratis jadi untuk menginstall dan aktivasinya tidak perlu aktivasi.

Tetapi tidak dipungkiri system operasi ini pun terdapat kelemahan, berikut kelemahannya :

  1. Biasanya pengguna dibuat asing dengan tampilanya karena tidak terbiasa
  2. Pada instalasi software dan games tidak sebaik system operasi pada Windows.
  3. Di Internet software dan gamesnya jarang ditemukan.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya dibawah ini adalah cara install Linux Fedora 9.

LangkahPertama : Ubahlah konfigurasi first boot dari BIOS computer menjadi CD-ROM, sehingga ketika kita menyalakan komputer, CD installer fedora akan terbaca, dan pilihan prosedur instalasi seperti di bawah




LangkahKedua : Setelah kita memilih opsi Install or upgrade an existing system program instalasi Fedora linux akan melakukan verifikasi CD, apakah ada paket yang rusak atau tidak. Hal ini ditujukan agar tidak ada interupsi apapun ketika proses instalasi berjalan. Jika kita sudah yakin terhadap hal ini, untuk mempercepat proses, pilihlah opsi Skip. 



LangkahKetiga : Splash screen Fedora Linux akan menjadi pembuka dari proses instalasi. Untuk menuju step selanjutnya klik tombol Next.



Langkah Keempat : Kita bisa memilih panduan bahasa untuk setiapl angkah proses instalasi. Dalam hal ini anda bisa saja memilih bahasa inggris untuk menunjang proses instalasi. Dan selanjutnya jangan ragu untuk klik tombol Next. 



Langkah Kelima : Selanjutnya kita harus memilih skema keyboard untuk pengoperasian proses instalasi. Dalam hal ini pilihlah skema U.S English. Kemudian langsung saja klik tombol Next. 



Langkah Keenam :
Asumsi yang ditunjukan pada panduan instalasi di sini adalah dalam hardisk computer belum terinstal system operasi apapun. Installer akan tahu hal ini dan mengajukan usulan pemformatan hardisk. Sehingga pada langkah ini kita bisa mengklik opsi Yes. 



Langkah Ketujuh : Pada step ini, kita bisa melakukan konfigurasi ip address untuk konektifitas network dannama hostname dari fedora linux box nantinya. Jika lingkungan kita memang mengharuskan menggunakan ip statis, maka tinggal kita ubah menggunakan opsi Edit pada bagian Network Devices.



Langkah Kedelepan : Fedora Linux 9 sudahmendukungkonfigurasi IPv6, namunpada step inikitamenggunakankonfigurasi IPv4 dengan tipekonfigurasi manual. TerlihatpadaScreenshoot di bawah, kitatinggalmengisikan IP address dannetmask. Langkahiniharusdisesuaikan dengan kondisi environment sebenarnya. Jikasudahyakin dengan konfigurasiini, klik tombol Ok.



Langkah Kesembilan :Langkah selanjutnya kita tinggal mengisikan konfigurasi gateway dan DNS. Jika sudah yakin dengan langkah ini, klik tombol Ok untuk Menuju langkah selanjutnya.



Langkah Kesepuluh : Pada langkah ini kita mengkonfigurasi time zone dari Fedora Linux. Installer akan menyajikan dalam bentuk peta dengan titik-titik yang bisa dipilih sesuai dengan wilayah. Klikt itik yang bersesuaian dengan lokasi di mana kita berada dan kemudian menuju kelangkah selanjutnya dengan meng klik tombol Next.



Langkah Kesebelas : Root merupakan super user/ user admin yang memiliki hak penuh untuk mengubah konfigurasi Fedora Linux pada nantinya. Proses instalasi mewajibkan kita untuk mendefinisikan password untuk kita pergunakan selanjutnya. Password dari user root ini harus dijaga, mengingat sangat kritikal terhadap perubahan pada Fedora Linux. Klik Next untuk melanjutkan langkah selanjutnya



Langkah Keduabelas : Pada langkah ini kita harus menentukan konfigurasi manajemen disk yang akan digunakan untuk menginstal Fedora Linux. Biasanya installer akan mendeteksi sedemikian rupa dan mengalukasikan secara otomatis. Untuk kenyamanan system penggunaan Fedora Linux, ada baiknya kita lakukan secara manual dengan mengklik tombol opsi Advanced storage configuration.



Langkah Ketigabelas : Langkah selanjutnya kita akan dihadapkan dengan pilihan paket yang akan melengkapi Fedora Linux. Secara umum semua paket ada pada program installer akan terbagi menjadi lima; paket produktifitas, paket untuk developer, paket server web, paket tambahan, dan Fedora Linux itu sendiri. Untuk melihat lebih detail paket yang tersedia, pilih Costumize now dan klik Next



Langkah Keempatbelas : Dan kemudian kita akan disajikan detail dari paket-paket yang ada pada Fedora Linux 9. Paket – paket standar akan secara otomatis sudah terpilih. Pilihlah paket tambahan sesuai dengan kebutuhan kita. Jika sudah yakin, jangan ragu untuk mengklik tombol Next 



Langkah Kelimabelas : Setelah mengklik tombol Next, program installer Fedora Linux akan melakukan pengecekan dependensi dari semua paket yang sudah kita pilih. Proses ini akan meresolve paket-paket apa saja yang dibutuhkan oleh paket-paket yang sudah kita pilih. Kemudian proses instalasi Fedora Linux akan dimulai.



Biasanya proses ini memakan waktu 30 menit sampai 1 jam. Tergantung jumlah paket-paket yang kita pilih untuk diinstal. Tunggulah beberapa saat ,maka Fedora 9 telah terinstall.





Cukup dimengerti bukan, hanya ikuti setiap tahap dalam proses installasi system operasi ini. Selamat mencoba…
Sumber : dari berbagai sumber
Author : Yunar Ratnawati

No comments:

Post a Comment