Pages

6 Langkah mudah menguasai bahasa Inggris ala Sebar Ilmu

Ini pertama kalinya saya menulis tentang berbagi tips, awalnya saya menulis tips ini karna ada beberapa teman sebar ilmu yang meminta saya untuk membagikan tips cara mudah menguasai bahasa inggris. Penyebabnya mungkin karna saya termasuk salah satu mahasiswi jurusan Bahasa inggris. Tapi lebih jauh lagi saya mempunyai tujuan menulis tips, karena ingin berbagi pengalaman dan manfaat kepada pembaca blog. Kebetulan tips yang saya tulis disini adalah tips yang pernah saya aplikasikan sendiri. Karena dalam menulis artikel yang baik, bukan hanya artikel yang memberikan efek pada pembaca tapi juga pada penulisnya. Artikel yang baik juga bukan sekedar tulisan yang mampu berkesan pada pembaca tapi juga mampu memberikan bukti yang nyata. Berikut dibawah ini tips atau 6 langkah mudah menguasai bahasa inggris


1.Mengetahui Conversation paling dasar dalam Bahasa inggris
Bahasa inggris adalah bahasa internasional, hampir setiap Negara di seluruh dunia pasti menjadikan bahasa inggris sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah. Dan hampir setiap orang tahu percakapan paling dasar dalam bahasa inggris. Seperti misalnya Introducing (Perkenalan),  kata sapaan (how are you, good morning etc.). hal inilah yang setidaknya akan membantu dalam proses berbahasa inggris lebih jauh lagi.

2.Membaca buku atau tulisan berbahasa inggris
Seringnya membaca buku dapat menambah kosa kata dan juga menambah wawasan. Begitu juga dengan belajar bahasa inggris, ketika kita ingin bisa menguasai dan fasih dalam berbahasa inggris, sebaiknya lakukan kegiatan membaca buku berbahasa inggris karena dapat menambah kosa kata dan menguatkan memori otak kita. untuk pemula, sebaiknya tidak membaca buku yang kosa katanya rumit dan masih asing di dengar. Bacalah buku yang memiliki bahasa dan tulisan yang ringan dan biasa digunakan untuk percakapan sehari hari. Contohnya buku dongeng anak anak bisa juga artikel, majalah ataupun dialog dalam sebuah cerita. 

3.Speak Up
Kunci utama untuk bisa menguasai dan fasih dalam bahasa asing pastinya praktek bicara (Speak up). Itulah yang sering disampaikan oleh dosen saya. Percuma saja memiliki pemahaman tata bahasa (Gramar) dan banyaknya kosa kata jika tidak pernah dipraktekkan,  kemampuan kita dalam menguasai suatu bahasa asing akan berkembang apabila sering di gunakan. Dalam praktek bicara ini, kita bisa mempraktekannya dalam keseharian, seperti melatih berbicara pada diri sendiri ,ngobrol dengan teman, chating/sms menggunakan bahasa inggris dll. Tentunya dengan lawan bicara yang bisa berbahasa inggris. Agar kosa kata bahasa inggris kita semakin bertambah.

4.Mendengarkan lagu berbahasa inggris
Sebenarnya bahasa inggris itu bukan bahasa yang sulit dipelajari hanya saja sulit untuk dikuasai. Maka dari itu, untuk menguasai bahasa inggris tidak harus selalu mempelajari banyak teori. Cobalah untuk lebih sering mendengarkan lagu lagu berbahasa inggris yang easy listening dan mudah dipahami. Dengan begitu, akan melatih pendengaran kita agar terbiasa mendengar kosa kata bahasa inggris dan bila perlu kita juga bisa menyanyikan lirik lagu tersebut untuk melatih pengucapannya.

5.Membuat tulisan berbahasa inggris
Menuliskan sesuatu dalam bahasa inggris juga sangat berpengaruh meningkatkan kemampuan kita dalam menguasai bahasa inggris. Tuliskan hal hal yang sepele ataupun hal rumit yang ingin dituliskan. Misalnya menuliskan perkenalan atau profil dalam bahasa inggris atau menuliskan curahan hati kita dalam bahasa inggris.

6.Kunjungi atau tinggal di tempat/negara yang menggunakan Bahasa inggris
Langkah yang terakhir agar kita mudah menguasai bahasa inggris bahkan bahasa asing lainnya adalah tinggal/menetap di Negara yang menggunakan bahasa inggris/asing tersebut. Secara otomatis kita akan lebih mudah menguasainya, Walaupun pada awalnya kita tidak begitu paham dan fasih, tapi Karena kebiasaan dan kondisi yang  memaksa untuk terus konsisten menggunakannya, itulah yang akan membuat kita mudah menguasainya. Mungkin dalam jangka waktu beberapa bulan saja kita bisa berkomunkasi dengan lancar menggunakan bahasa inggris.

Itulah beberapa tips/cara yang dapat saya bagikan. Lakukanlah dengan konsisten dan jangan pernah putus asa dalam berusaha di bidang apapun yang ingin kita kuasai. Semoga apa yang saya tuliskan bisa memberikan manfaat dan menambah pengetahuan para pembaca.

Thank You.
Author : Rahmalia