Pages

Anak Si Peniru Ulung

Anak adalah seorang lelaki atau perempuan yang belum dewasa atau belum mengalami masa pubertas. Anak juga merupakan keturunan kedua, di mana kata "anak" merujuk pada lawan dari orang tua, orang dewasa adalah anak dari orang tua mereka, meskipun mereka telah dewasa.

Menurut psikologi, anak adalah periode pekembangan yang merentang dari masa bayi hingga usia lima atau enam tahun, periode ini biasanya disebut dengan periode prasekolah, kemudian berkembang setara dengan tahun tahun sekolah dasar.

Anak juga merupakan cikal bakal lahirnya suatu generasi baru yang merupakan penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber daya manusia bagi pembangunan Nasional. Anak adalah asset bangsa. Masa depan bangsa dan Negara dimasa yang akan datang berada ditangan anak sekarang. Semakin baik keperibadian anak sekarang maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa. Begitu pula sebaliknya, Apabila keperibadian anak tersebut buruk maka akan bobrok pula kehidupan bangsa yang akan datang.

Dengan kemampuan kognitifnya yang sedang berkembang pesat, terutama untuk anak-anak yang berada di usia SD akan cenderung memperhatikan perilaku orang-orang yang berada di sekitarnya. Sehingga tanpa disadari, mereka dapat meniru tiap-tiap perilaku yang ditunjukkan oleh mereka.

Seorang  anak  dapat  diumpamakan  seperti sebuah spons. Air merupakan wujud dari lingkungan  yang ada di  sekitar anak.Sekiranya  sebuah  spons diletakkan  berdekatan dengan  air  yang  kotor,  maka  spons  tersebut  akan menerap  air  yang  kotor.  Namun sebaliknya,  jika spons tersebut berada dekat air yang bersih, maka air yang ada dalam spons tersebut juga akan bersih. 

Dengan kata lain, lingkungan tempat anak  dibesarkan  akan berperan penting dalam menentukan apa yang ada dalam diri anak.  Apa yang ada dalam diri anak selanjutnya  akan ditampilkan melalui perilaku mereka.

Oleh karena itu, sudah menjadi tugas utama seorang pendidik yaitu Orang tua (di lingkungan keluarga), Guru (di lingkungan sekolah), Orang dewasa lain yang berada di lingkungan sekitar anak untuk menciptakan atau menyediakan lingkungan yang positif agar dapat menunjang perkembangan si anak dan berusaha untuk mengawasi dan menghindarkan pengaruh faktor lingkungan yang negatif yang dapat menghambat dan merusak perkembangan sang anak.
Memang tidak ada yang mampu menjamin keberhasilan pembentukkan karakter pada anak Anda nantinya. Lingkungan yang baik belum tentu akan menghasilkan anak yang baik, begitu juga sebaliknya. Namun demikian, tak ada salahnya Anda berusaha, bukan?

Sumber : Berbagai Sumber.
Author : Hamdani