Pages

Hijab identitas seorang Muslimah

HIJAB adalah pakaian wanita muslim yang menutup bagian kepala sampai dengan kaki (pakaian yang longgar tidak memperlihatkan lekuk tubuh). Dikatakan dalam kalamullah :

"Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu dan istri orang-orang beriman, Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenal dan tidak diganggu orang. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang“ (Al Ahzab : 59)

Perintah berhijab telah Allah perintahkan, lantas apa yang menghalangi untuk masih menunda dan enggan untuk melaksanakan perintahNya, satu helai rambut yang terlihat oleh lelaki maka berdosalah ia, lalu hitunglah berapa helai rambut yang telah terlihat dan kalkulasikan berapa tahun anda tidak memakai hijab dari usia baligh.

Rasulullah S.A.W pernah berkata kepada Fatimah : “wahai putriku, aku melihat wanita tergatung rambutnya hingga otaknya mendidih. Mereka adalah wanita yang tidak menutup auratnya sehingga terlihat oleh laki-laki yang bukan muhrimnya.

Wahai wanita.. hijab adalah bentuk perintah dari kasih sayang Allah kepada umatnya, hijab untuk melidungi, hijab adalah sebuah identias wanita muslimah, hijab tak pernah membatasi , hijab menjaga kehormatan, hijab adalah pembeda wanita muslim dan bukan muslim, hijab menjaga kehormatan, hijab menjauhkan dari fitnah ,maka berhijab lah wahai wanita muslimah, karena itu adalah sebuah bentuk ketaatan..

“Selangkah seorang anak perempuan keluar dari rumah tanpa menutup aurat maka selangkah juga ayahnya itu hampir ke neraka. Selangkah seorang istri keluar rumah tanpa menutup aurat maka selangkah juga suaminya itu hampir ke neraka” (H.R Bukhari dan Muslim)

Alangkah ruginya jikalau ayah atau suami kita yg mengalami hal tersebut, apakah seorang wanita muslimah sampai hati membiarkan orang-orang berharga dalam hidupnya medekati neraka..

Hijab membantu wanita untuk lebih dikenal, jangan pernah merasa risih untuk mengenakannya, risihlah wahai wanita saat kalian memakai pakaian yg dapat mengundang syahwat, risihlah saat kalian mengumbar aurat kepada mata para lelaki yg memang belum jadi pasangan hidup kalian, mulailah dari sekarang sedikit demi sedikit menuju kepada tahap wanita yg dirindukan syurga, tidak pernah ada kata terlambat untuk berubah menjadi lebih baik, hijab tidak hanya sekedar pakaian tapi lebih dari itu, sebuah identitas kaum muslimah.

Author : Yunar Ratnawati

No comments:

Post a Comment