Pages

Mengenal Hijab Secara Sempurna

Bahwa berhijab tak hanya sekedar menutup bagian kepala, berhijab secara sempurna merupakan tuntutan seorang muslimah, terdapat beberapa syarat untuk menjadi wanita muslimah berhijab sempurna,syarat ini membutuhkan proses, karena Alloh sangat menilai proses kalian menuju ketaatannya, maka jangan risau untuk mencoba mestipun bertahap sedikit demi sedikit.
  • Syarat pertama , menutup seluruh tubuh selain yang dikecualikan
Dikatakan dalam surat An-nur : 31

"……jangan menampakkan perhiasan mereka, kecuali yang biasa nampak. Hendaklah mereka menutupkan khimar mereka ke dada mereka; dan jangan menampakkan perhiasan mereka,…..

diriwayatkan oleh Abu Dawud,dari Aisyah, bahwa Asma' binti Abu Bakar pernah menemui Rasulullah S.A.W dengan memakai pakaian yang tipis. Rasulullah pun berpaling darinya, dan berkata, "Wahai Asma', sesungguhnya wanita itu bila telah mencapai masa haid tidak patut ada bagian tubuhnya yang kelihatan, kecuali ini dan ini. Beliau berkata begitu sambil menunjuk ke wajah dan kedua telapak tangannya. Ini adalah cara yang paling baik dalam menjaga dan mencegah kerusakan manusia. Maka, janganlah para wanita menampakkan bagian tubuhnya, kecuali wajah dan kedua telapak tangannya. Allahlah yang memberi taufik dan tidak ada Tuhan selain-Nya."

  • Syarat kedua, tidak untuk berhias
Terdapat dalam surat Al-ahzab : 33

"Dan hendaklah kalian tetap tinggal di rumah ]uga, janganlah kamuberhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah dulu!"

Sabda nabi :

Ada tiga golongan manusia yang tidak ditanya, (karena mereka sudah pasti termasuk orang-orang yang celaka):
  1. Seorang laki-laki yang meninggalkan jama'ah danmendurhakai imamnya serta meninggal dalam kedurhakaannya itu;
  2. Seorang budak wanita atau laki laki yang melarikan diri meninggalkan pemiliknya, lalu dia mati;
  3. Wanita yang ditinggal pergi oleh suaminya,dimana suaminya itu telah mencukupi kebutuhan duniawinya, namun (ketika suaminya tidak ada itu) dia bertabarruj.
  • Syarat ketiga, kainnya harus tebal tidak tipis
Rasulullah bersabda : Pada akhir zaman nanti akan ada wanita-wanita dari kalangan umatku yang berpakaian, namun pada hakekatnya mereka telanjang. Diatas kepala mereka seperti terdapat punuk unta. Kutuklah mereka itu, karena sebenarnya mereka itu wanita-wanita terkutuk."
  • Syarat keempat, kainnya harus longgar tidak ketat
Usamah bin Zaid pernah berkata: Pernah Rasulullah memberi saya baju qibthiyah yang tebal hadiah dari Dihyah Al-Kalbi. Baju itu pun saya pakaikan pada istri saya. Nabi bertanya kepada saya, 'Mengapa kamu tidak pernah memakai baju qibthiyah?' Saya menjawab, 'Baju itu saya pakaikan istri saya.' Beliau lalu berkata, 'Perintahkan istrimu agar memakai baju dalam ketika memakai baju qibthiyah, karena saya khawatir baju qibthiyah itu masih bisa menggambarkan bentuk tulangnya.
  • Syarat kelima, tidak diberi wewangian atau parfum
Dari Abu Musa Al-Asy'ari bahwa dia berkata, "Rasulullah bersabda: Perempuan yang memakai wewangian, lalu dia lewat dihadapan laki-laki agar mereka mencium baunya, maka dia adalah pezina.
  • Syarat keenam, tidak menyerupai pakaian laki-laki
Dari Abu Hurairah, dia berkata: "Rasulullah , melaknat laki-laki yang memakai pakaian wanita dan wanita yang memakai pakaian laki-laki.
  • Syarat ketujuh, tidak menyerupai pakaian orang-orang kafir
Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka sendiri mau mengubah keadaan mereka sendiri." (QS. Ar-Ra'd:11)
  • Syarat kedelapan, tidak untuk mencari popularitas
hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Umar, dia berkata, "Rasulullah pernah bersabda: Barangsiapa memakai pakaian untuk mencari popularitas didunia, maka Allah mengenakan pakaian kehinaan kepadanya pada hari kiamat, kemudian membakarnya dengan api neraka.

Syarat-syarat inilah yang menjadikan seorang muslimah terlihat lebih sempurna untuk berhijab, dengan begini maka para wanita muslimah akan terlihat lebih mulia dihadapan Alloh, patuhilah aturanNya agar menjadi muslimah yang taat, datangkanlah banyak karunia Alloh..ya salah satunya dengan mematuhi aturanNya, ikutilah dan patuhilah karena tidak akan membuat mu merugi,  yang ada akan banyak sekali mendatangkan kebaikan, jauh dari tindak kejahatan dan membuat dirimu merasa lebih aman.

Selamat menjalankan aturanNya, dan jangan pernah merasa putus asa untuk selalu mendapatkan RidhoNya, sempurnakanlah hijabmu dengan syariat islam yang sudah benar dan sempurnakanlah dirimu muslimah dengan akhlak yang baik ,pancarkan kebaikanmu , agar bidadari syurga pun cemburu kepadamu.

Author : Yunar Ratnawati

No comments:

Post a Comment