Pages

Wahai Muslimah, Engkau Begitu Berharga

“Sesungguhnya dunia ini adalah perhiasan dan tidak ada di antara perhiasan dunia yang lebih baik daripada wanita yang sholihah.” (HR. Ibnu Majah)

Wanita bayangkanlah bahwa dirimu begitu sangat berharga jauh melebihi perhiasan yang ada didunia. Saat menjadi seorang anak dapat membuka pintu surga bagi ayahnya, saat menjadi seorang istri ia dapat menyempurnakan agama suaminya, dan saat menjadi ibu surga ada ditelapak kakinya. Wanita mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam islam , oleh karena itu Islam sangat memuliakan seorang wanita..

Wanita salehah itulah yang sangat berharga,ia taat akan perintah dan larangan Alloh , saat ia berbicara maka hanya kebaikan lah yang dikeluarkan dan saat ia diam maka diamnya adalah berfikir, wanita salehah selalu merasa qana’ah(merasa cukup) dengan apa yang ia punya, tidak perduli dengan kilau gemerlap dunia, ia hanya akan merasa tidak pernah puas jika melihat amalan seseorang yang jauh lebih baik dari dirinya, karena ia hanya ingin berharga dan bernilai dihadapan Alloh, dan karakteristik wanita salehah telah tertulis dalam kalamullah :

"Jika sampai Nabi menceraikan kalian, mudah-mudahan Tuhannya akan memberi ganti kepadanya dengan istri-istri yang lebih baik daripada kalian, muslimat, mukminat, qanitat, taibat, 'abidat, saihat dari kalangan janda ataupun gadis." (At-Tahrim: 5)
  • Muslimat : wanita-wanita yang ikhlas (kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala), tunduk kepada perintah Allah ta'ala dan perintah Rasul-Nya.
  • Mukminat : wanita-wanita yang membenarkan perintah dan larangan Allah Subhanahu wa Ta'ala
  • Qanitat : wanita-wanita yang taat
  • Taibat : wanita-wanita yang selalu bertaubat dari dosa-dosa mereka, selalu kembali kepada perintah (perkara yang ditetapkan) Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam walaupun harus meninggalkan apa yang disenangi oleh hawa nafsu mereka.
  • 'Abidat : wanita-wanita yang banyak melakukan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala (dengan mentauhidkannya karena semua yang dimaksud dengan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala di dalam Al-Qur'an adalah tauhid, kata Ibnu Abbas radhiallahu 'anhuma) 
  • Shoimat : wanita-wanita yang berpuasa. (Al-Jami' li Ahkamil Qur'an, 18/126-127, Tafsir Ibnu Katsir, 8/132)
Dengan demikian belajar menjadi seorang wanita salehah memang tidak mudah, butuh banyak proses untuk melewati ujiannya, tapi ingatlah bahwa ujian itu merupakan suatu proses untuk menaiki tangga kemuliaan di hadapan Alloh. Semoga kita termasuk dalam orang-orang yang senantiasa untuk selalu belajar lebih baik dihadapanNya. maka wanita berlomba-lombalah dalam kebaikan, rebut gelar wanita salehah agar engkau menjadi begitu berharga.

Author : Yunar Ratnawati

No comments:

Post a Comment