Pages

Memaknai Kegagalan

Kegagalan..!!! Tidak ada satu orang pun yang tidak pernah merasakan kegagalan di dalam hidupnya. Bahkan kegagalan yang dialami seseorang tak jarang menimbulkan kekecewaan yang mendalam, hingga hilangnya kepercayaan diri. Gagal dalam berkarir, studi, menjalin cinta kasih, gagal dalam membangun keluarga bahagia, gagal menepati janji, gagal dalam berbagai pertandingan, dan kegagalan-kegagalan lainnya.



Kegagalan adalah salah satu persimpangan jalan menuju kesuksesan. Menjadi sebuah keharusan bagi seseorang untuk belajar dari kegagalan agar hal serupa tidak terulang kembali dalam kehidupannya. Kegagalan sebenarnya bukanlah hal yang terburuk, karena yang terburuk adalah mereka yang tidak pernah mencoba dan berhenti berjuang. Charles Knight, direktur Emerson Electronic, pernah mengatakan "Kita memerlukan kemampuan untuk gagal. Saya heran banyak organisasi yang membangun suatu lingkungan yang tidak mentolelir orang-orangnya yang berbuat salah. Anda tidak akan berhasil melakukan inovasi apapun jika Anda tidak rela menerima kegagalan".

Pandangan yang mengatakan bahwa orang sukses adalah orang yang tidak pernah gagal, adalah pandangan yang keliru. Orang sukses adalah orang yang tidak pernah berpikir dirinya kalah, ketika terpukul jatuh (gagal), ia bangkit kembali, belajar dari kesalahannya dan bergerak maju menuju inovasi yang lebih baik. Elbert Hubbard mengatakan "Orang gagal adalah orang yang melakukan suatu kesalahan tetapi tidak mengambil hikmah dari pengalaman tersebut".

Tindakan yang harus dilakukan menakala kegagaln menimpa adalah meyakinkan pada diri sendiri dan katakan "pasti bisa, pasti berhasil". Semua pikiran adalah bersifat magnetis, ketika kita mengatakan "Saya Kalah", maka secara sadar atau tidak, pikiran itu akan meyakinkan bahwa kita memang sudah kalah. Tapi ketika kita mengatakan "Pasti Berhasil", maka pikiran itu akan meyakinkan kita bahwa hal yang kita cita-citakan pasti bisa kita dapatkan.

Dalam Buku Bringing Out The Best in People karya Allan Loy McGinnis dikatakan "Ketakutan terhadap sesuatu kegagalan bisa mematahkan semangat seseorang. Maka ciptakan dimana kegagalan bukanlah suatu yang fatal".

Tidak ada jalan pintas menuju sebuah kesuksesan. Kesuksesan akan datang pada mereka yang berusaha mendapatkannya bukan pada mereka yang hanya mengharapkannya saja. Jangan pernah putus asa karena yang mudah putus asa tidak pernah sukses dan orang sukses tidak pernah putus asa.Ajaran dalam islam dikatakan "Man jadda wajada (Siapa yang berusaha akan mendapatkan apa yang diusahakannya)", "Man yajtahid yanjah (siapa yang berusaha akan memberoleh kejayaan)", "Man zara'a hasada (siapa yang bercocok tanam akan manuai hasilnya)".

Wallahualam bishawab.
Referensi : dari berbagai sumber
Author : Hamdani

No comments:

Post a Comment