Pages

Perilaku Manusia

Psikologi komunikasi berkaitan erat dengan bagaimana mencapai komunikasi yang efektif dalam interaksi manusia. Dalam artian fungsi – fungsi utama dalam komunikasi dapat bekerja sebagai mana mestinya. Faktor pentingnya dalam hal ini adalah manusia. Manusia yang di bekali dengan kemampuan nalar dan menciptakan lambang adalah sebuah misteri yang sangat besar. Jika di ibaratkan, manusia adalah seperti sebuah samudera luas. Kita tidak akan pernah tahu apa yang dikandungnya sampai kita dapat menyelam dan mengarunginya. Oleh karena  itu, memahami manusia memang menjadi suatu kemutlakan jika kita ingin berhasil dalam berkomunikasi dengan manusia lainnya atau berkomunikasi secara efektif.


Oleh karena itu, maka menjadi penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana pandangan psikologi terhadap manusia. Ada lima pendekatan atau teori tentang psikologi manusia yang dapat digunakan untuk menjawab masalah tersebut. Kelima pendekatan ini akan menunjukan kepada kita bagaimana cara pandang yang berbeda tentang manusia dan akhirnya akan membawa kepada analisis yang berbeda tentang perilaku manusia, misalnya mengapa suatu perilaku dapat terjadi.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perilaku manusia, namun secara garis besar faktor-faktor tersebut dapat dikelompokan menjadi dua yaitu faktor-faktor yang berasal dari dalam diri dan faktor-faktor yang berasal dari lingkungan. 

Kita akan membahas dua pendekatan besar yang membicarakan faktor-faktor tersebut. Pendekatan pertama berpendapat jika faktor-faktor biologis dan sosiopsikologis lah yang mempengaruhi perilaku manusia, sedangkan pendapat lainnya berkeyakinan bahwa faktor situasional lah yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Sepintas kedua pendekatan ini seolah bertentangan. Namun apabila kita kaji lebih mendalam, keduanya sebenarnya saling melengkapi.

Dari pendekatan yang berpendapat bahwa faktor-faktor biologis dan sosiopsikologis lah yang mempengaruhi perilaku, akan dikemukakan 3 pendekatan, yaitu :

  1. Pendekatan neurobiologis
  2. Pendekatan psikoanalisis
  3. Pendekatan humanistik

Sedangkan pendekatan yang menekankan pengaruh situasional yang mempengaruhi perilaku manusia adalah :

  1. Pendekatan behaviorisme
  2. Pendekatan kognitivisme

Pendekatan-pendekatan tersebut semakin mempertegas bahwa perilaku manusia merupakan sebuah misteri dengan berbagai pertanyaan yang menunggu untuk di kaji secara lebih mendalam. Dengan berbagai pendekatan tersebut pula diharapkan kita mampu untuk mengkaji, menelaah dan mengambil kesimpulan sehingga kita dapat menjelaskan berbagai hal tentang perilaku manusia.

Postingan ini merupakan pengantar dalam pembahasan mengenai perilaku manusia, dalam postingan selanjutnya Insya Allah kita akan membahas nya secara lebih mendalam. Jadi jangan sungkan untuk berkunjung dan jangan ragu jika ingin berkomentar. Kita sama-sama belajar, bahasa yang sopan dan tutur kata yang ramah sangatlah kami hargai. Terima kasih atas kunjungannya….
Wassalam,

Sumber : BMP Psikologi Komunikasi.
Author : Sentot

No comments:

Post a Comment