Pages

Indahnya Ukhuwwah Islamiyah

Ukhuwah islamiyah merupakan ikatan persaudaraan sesama muslim atas dasar keislamannya, sungguh beruntung jikalau diri bersahabat dan bersaudara atas dasar keimanan kepada Alloh, bukan karena faktor lain. Seperti yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-Hujarat-10 :

“orang-orang yang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Alloh, supaya kamu mendapat rahmat”. 

 Di zaman sekarang era modern ini banyak manusia satu sama lain bersahabat dan berkawan atas dasar materi, popularitas dan lain sebagainya, padahal hal semacam itu tidaklah kekal hanya bersifat sementara, sewaktu-waktu Alloh bisa mencabut segala kepunyaan milik kita, apakah masih mau berikatan dengan manusia atas dasar kesenangan ? kekal hanyalah sifat Sang Maha Pencipta, maka libatkanlah Alloh dalam segala sesuatu.


Ukhuwah tidak akan cair dimusim panas ,tidak akan membeku dimusim dingin dan tidak akan luruh dimusim hujan.. begitulah kiasan untuk seorang muslim yang bersaudara karena Alloh. Mereka tidak akan meninggal dan ditinggalkan hanya karena suatu keadaan, mestipun jarak terlampau jauh untuk bersua tapi hati mereka selalu terpaut melalui untaian do’a untuk sahabatnya atas dasar ikatan islam, tujuan utama mereka hanya Ridho Alloh cita-cita tertinggi mereka Syurga Alloh, maka mereka saling berjabat tangan dan berangkulan untuk mencapai visi tersebut.. indanhya..

Imam Syafi’i berkata “apabila kalian memiliki teman yang membantu dalam keta’atan maka genggam erat tangannya, karena mendapat seorang sahabat itu sulit sedangkan berpisah darinya itu mudah”

Umar bin Khattab Radhiyallahu’anhu berkata “Tidaklah seorang hamba diberi kenikmatan yang lebih besar setelah keislaman, selaln sahabat yang sholih. Maka apabila kalian mendapati teman yang shalih, peganglah ia erat-erat”

Persaudaraan karena ikatan Alloh akan saling menyayangi bila bersama, saling memafkan bila ada kesalahan, saling merindukan bila jarak berjauhan, saling nasihat menasehati bila terjadi kekeliruan, saat yang lain sedang merasakan kebahagiaan karena nikmat yang Alloh berikan maka ia menyeru saudaranya untuk merasakan kebahagiaan itu, saat ia sedang tertimpa musibah maka saudara nya akan ikut membantu musibah itu ,  saat yang lain merasa kesulitan tidak lantas membuat mereka menjadi menjauh dan meninggalkan, mereka akan membantu dengan ikhlas tanpa ada rasa pamrih, karena muslim itu sepert satu tubuh saat ada yang merasakan kesakitan maka yang lainpun ikut merasakan kesakitan, itulah indahnya ikatan persaudaraan karena Alloh.

Semoga kita dirahmati akan persaudaraan yang didasari ikatan karena Alloh, karena itu merupakan karunia yang patut untuk kita syukuri..aamiin..

wallahu a’lam bissawab.

Author : Yunar Ratnawati

No comments:

Post a Comment