Pages

Apa Itu Sistem Home Automation (HA) ?

Home Automation (HA) merupakan sebuah kegiatan dalam membangun otomatisasi pada sebuah bangunan residensial atau rumah tinggal untuk mendapatkan berbagai kemudahan, kenyamanan dan efisiensi yang tinggi dalam aktifitas di dalam rumah. Untuk menciptakan otomatisasi tersebut diperlukan sebuah perangkat yang dapat bekerja secara ter-organisir dimana setiap perangkat melakukan fungsi personalnya dan sekaligus berkomunikasi dengan perangkat lainnya dalam sistem.

Pada sistem Home Automation biasanya terdapat ruang lingkup tertentu karena disebabkan teknologi modern ini terus berkembang seiring gaya hidup manusia yang terus berubah, diantaranya :

  • Lingkup Control ; Sistem dibuat sedemikian rupa agar pengontrolan terhadap sistem dapat memudahkan pengguna baik secara lokal, global ataupun secara remote.
  • Lingkup Comfort ; Kenyamanan dalam rumah dibangun biasanya dengan menambahkan fungsi perangkat untuk hiburan seperti sistem audio, otomatisasi terhadap perangkat mekanik seperti gate dan curtain serta sistem pengontrolan dibuat agar senyaman mungkin dengan pengguna.
  • Lingkup Energy Efficiency ; Efisiensi energi merupakan nilai tambah dari penerapan sistem Home Automation guna mencapai penggunaan energi yang minimal namun efisien.
  • Lingkup Safety ; Keamanaan sebuah rumah dalam sistem Home Automation biasanya dilengkapi fungsi khusus guna melindungi rumah dari berbagai gangguan seperti proteksi terhadap penyusup, properti rumah atau terhadap penghuni rumah dari bahaya sengatan listrik.
Ruang lingkup pada sistem Home Automation ini terus berkembang seiring gaya hidup manusia yang mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu produk berbasis Home Automation yang cukup menarik adalah VIMAR By-me.

Author : Jamaluddin

No comments:

Post a Comment