Pages

Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Manusia

Berbagai pendekatan dalam meneliti perilaku manusia yang sudah kita bahas dalam postingan-postingan sebelumnya, memberikan kesimpulan bahwa ada faktor-faktor yang memang berpengaruh terhadap perilaku manusia. Misalnya saja, saat rasa lapar menyerang, maka naluri (insting) akan menuntun kita untuk mencari makanan dan makan sampai kenyang untuk menghilangkan rasa lapar tersebut. Akan tetapi, apakah hanya rasa lapar saja yang dapat menuntun kita untuk makan ? ternyata tidak, sebagai contoh saat teman kita mengajak makan bersama, tentu saja untuk menghormatinya kita ikut makan walaupun sebenarnya sudah kenyang.

Contoh di atas menjelaskan bahwa ada dua faktor utama yang berpengaruh terhadap perilaku manusia, yaitu faktor-faktor yang bersifat personal dan faktor-faktor yang bersifat situasional. Faktor-faktor personal adalah faktor yang bersifat dari dalam diri seseorang berupa insting yang menentukan tindakan apa yang akan dilakukan oleh seseorang terhadap kondisi tertentu. Jadi dalam hal ini, dalam suatu kondisi yang sama seseorang dapat berperilaku berbeda dengan perilaku umum atau perilaku orang yang lainnya. Dengan kata lain, lingkungan memiliki pengaruh yang kecil secara umum.

Sedangkan faktor situasional adalah pengaruh lingkungan terhadap perilaku manusia secara umum. Dalam kehidupan sehari-hari, kita mungkin sering melihat atau bahkan mengalami sendiri bagaimana situasi yang berbeda-beda akan mempengaruhi tindakan kita. Ketika mengikuti pengajian di masjid misalnya, kita begitu khusyuk dan bersemangat untuk menegakkan perintah agama. Tetapi begitu keluar dari masjid, masuk kedalam rutinitas kerja sehari-hari, sering kali kita lupa dan melakukan hal-hal yang justru dilarang agama.

Pandangan tersebut membentuk dua kubu yang berbeda, di satu sisi berpendapat bahwa faktor personal lah yang paling berpengaruh terhadap perilaku manusia. Sisi lainnya mengatakan jika faktor situasional dan sosial lah yang paling menentukan dalam membentuk perilaku individu. Namun jika kita perhatikan, kedua-duanya memiliki peranan penting untuk menjelaskan berbagai bentuk perilaku manusia.

Author : Sentot

No comments:

Post a Comment