Pages

Fakta Unik Menguap

Berapa kalikah kita menguap dalam sehari ? pernahkan hari kita di lalui tanpa menguap ? mungkin selama hidup kita selalu ada aktifitas menguap didalamnya. Menguap merupakan salah satu aktifitas tubuh dalam merespon suatu kondisi. Gejala paling umum saat seseorang menguap adalah karena mengantuk atau kurang istirahat. Akan tetapi apakah benar, kita menguap saat kita mengantuk saja?

Beberapa riset menunjukan menguap tidak hanya terjadi saat kita lelah, aktifitas menguap juga tidak selalu dilakukan saat tubuh kekurangan oksigen. Adapula teori yang menyatakan bahwa rasa bosan juga dapat meningkatkan aktifitas menguap.

Ada juga yang mengatakan jika aktifitas menguap itu menular. Apakah ini hanya mitos? Menurut profesor Robert Provine seorang psikolog dan neuroscience dari universitas Maryland, penularan aktifitas menguap bukanlah suatu gejala yang aneh, karena beberapa reaksi manusiawi lainnya juga dapat menular. Misalnya saat seseorang tertawa, ada potensi orang-orang disekitarnya juga akan ikut tertawa. 

Sebuah studi juga menemukan bahwa ketika ditampilan video menguap, sekitar 50% penontonnya juga mulai ikut menguap. Jadi kesimpulannya bahwa menguap itu menular adalah benar.

Fakta lain tentang menguap adalah menguap dapat mengindikasikan jika ada masalah dalam tubuh kita. Hal umum yang terjadi adalah saat kita lelah atau kurang tidur, tapi menguap juga dapat menandakan ada masalah di jantung kita. Sehingga saat terjadi aktifitas menguap secara berlebihan, disitulah kita perlu waspada.

Saat menguap, juga terjadi perubahan fisiologis didalam tubuh kita sebelum, selama dan setelahnya. Sebuah studi mengatakan, denyut jantung akan meningkat secara signifikan sekurang-kurangnya selama 6 detik.

Sumber : www.nationalgeographic.co.id

Author : Sentot

No comments:

Post a Comment