Pages

Pentingnya Ilmu Untuk Beribadah

Saat terlahir kedunia, tidak ada apapun yang melekat pada tubuh kita. Terbaring tidak berdaya, polos, telanjang tanpa sehelai benangpun menempel di tubuh. Kemampuan yang dimiliki hanya satu, menangis dengan keras. Bahkan saat sekeliling kita tertawa bahagia. 

Akan tetapi, dalam ketidak berdayaannya itu sebetulnya kita telah dibekali alat super canggih untuk mengisi kekosongan pemahaman kita akan kehidupan dunia. Alat itu adalah pendengaran, penglihatan, dan hati. Kita memiliki dua bola mata yang dengannya hamparan luas kehidupan dapat dilihat. Mempunyai dua daun telinga yang dapat menangkap frekuensi-frekuensi nada dunia menjadi dendang indah dunia fana. Semuanya akan menjadi input bagi akal kita, disimpan didalam sebuah memori yang memiliki kapasitas seluas semesta. Di rubah menjadi sebuah data yang sewaktu-waktu akan dipanggil untuk diproses oleh ruang-ruang logik dalam menghadapi problematika kehidupan. Yang terpenting, didalam diri kita ada hati/ kalbu yang terpupuk didalamnya iman. Hati yang akan menuntun setiap perilaku kita agar sesuai dengan nilai-nilai keimanan yang akan menuntun kejalan yang lurus.

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut Ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan DIA memberi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati, agar kamu bersyukur”. (QS.An Nahl (16) : 78)

Pada dasarnya kita dilahirkan ke dunia tidak lain adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Beribadah sesuai ketentuan-ketentuannya, yang diajarkan didalam Al-Qur’an dan Sunnah. Diperlukan pemahaman agar ibadah dan setiap langkah kita tidak menyimpang dari jalan yang lurus. Pendengaran, penglihatan, dan hati lah yang akan menjadi bekal dan alat dalam mengarungi samudera ilmu nan maha luas. Dengannya kita dapat memahami apa yang kita imani, apa yang ada di dalam diri dan apa yang terkandung di alam ini. Kita dapat meneguk manisnya menimba ilmu dengan membaca, mengamati alam semesta dan melakukan perjalanan di atas Bumi. Kita juga diberi keluasan waktu dari pertama kali kita melihat dunia sampai liang lahad menyongsong kita menyambut pelabuhan dunia abadi.

Ilmu adalah sangat penting bagi kita, karena tanpanya dapat rusak amal ibadah kita. Jadi kawan, mari kita gali lagi semangat kita dalam menuntut ilmu dalam memperluas pemahaman kita agar ada pelita yang menerangi kegelapan kebodohan kita. Terkahir, semoga tulisan ini bermanfaat, buat penulis, pembaca dan semuanya…

Author : Sentot