Pages

Kalimat Efektif

Pada dasarnya, kegiatan menulis adalah salah satu cara dalam menyampaikan ide atau gagasan sehingga ide atau gagasan tersebut dapat dipahami oleh pembaca. Ide yang di terima oleh pembaca harus memiliki makna sesuai dengan maksud yang ingin disampaikan oleh penulis. Lalu bagaimana jika Pesan yang di terima tidak sesuai dengan tujuan yang ingin di sampaikan oleh penulis? Hal ini dapat terjadi jika kalimat-kalimat yang digunakan oleh penulis merupakan kalimat yang tidak efektif.

Sebuah kalimat dikatakan efektif bila pesan yang di terima oleh pembaca memiliki makna yang sama dengan makna yang ingin di sampaikan oleh penulis. Dengan kata lain, sebuah kalimat efektif haruslah memiliki kemampuan untuk menimbulkan
kembali gagasan-gagasan pada pikiran pembaca seperti apa yang ada dalam pikiran penulisnya. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka kalimat efektif dapat di definisikan sebagai "kalimat yang mampu menyampaikan informasi dari penulis kepada pembaca secara tepat, sehingga pembaca bisa memahami informasi yang tersaji dalam kalimat itu secara tepat pula".

Agar kalimat yang kita tulis dapat memberikan informasi kepada pembaca secara tepat seperti yang diharapkan oleh penulisnya, perlu di perhatikan beberapa hal yang merupakan ciri-ciri kalimat efektif. Ciri-ciri yang dimaksud meliputi : 

Kesepadanan dan Kesatuan.

Kesepadanan dan kesatuan dalam suatu kalimat dihasilkan dari keseimbangan dan kesesuaian antara gagasan  dan struktur bahasa yang di pergunakan. Struktur kalimat yang baik minimal harus memiliki unsur-unsur Subjek dan Predikat.
Pembahasan lengkapnya klik disini.

Kesejajaran Bentuk.

yang dimaksud dengan kesejajaran (Paralelisme) dalam kalimat adalah penggunaan bentuk-bentuk bahasa yang sama atau konstruksi bahasa yang yang sama yang dipakai dalam susunan serial. Pembahasan lengkapnya klik disini.

Penekanan Kalimat.

Setiap kalimat memiliki fokus informasi/ maksud kalimat. Fokus informasi/ maksud inilah yang biasanya ingin ditekankan oleh penulisnya. Terdapat beberapa cara yang dapat dipergunakan penulis untuk memberikan penekanan maksud dalam kalimat. Cara-cara yang dimaksud meliputi :
  • Posisi dalam kalimat
  • Urutan yang logis
  •  Pengulangan/ Repetisi 
Pembahasan lengkapnya klik disini. 

Kehematan.

Kehematan dalam kalimat efektif merupakan kehematan dalam pemakaian kata, frase, atau bentuk lainnya yang dianggap tidak diperlukan, baik yang berkaitan dengan aspek gramatikal bahasa maupun aspek makna. Unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam memenuhi prinsip kehematan adalah pengulangan subjek kalimat, hiponimi, dan pemakaian kata depan "dari" dan "daripada". Pembahasan lengkapnya klik disini. 

Kevariasian dalam struktur kalimat.

Sebuah tulisan yang baik merupakan suatu komposisi yang dapat memikat dan mengikat pembacanya agar terus membaca sampai selesai. Oleh sebab itu seorang penulis harus bisa mengolah tulisannya agar pembaca tidak bosan ketika membacanya. Untuk menjaga agar pembaca tidak merasa bosan adalah dengan melakukan variasi-variasi. Pembahasan lengkapnya klik disini. 

Dengan mengenali kelima ciri tersebut, diharapakan seorang penulis dapat menuangkan pesan-pesan yang ingin disampaikan lewat tulisannya dengan menggunakan kalimat yang efektif. Pemahaman mengenai kalimat yang efektif, berarti memperkecil kemungkinan pesan tidak tersamapaikan dengan benar.

No comments:

Post a Comment